Wednesday, July 8, 2015

Pantai Tegalretno, Pesona Lain Pesisir Petanahan





PETANAHAN - Pantai Tegalretno di Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan Kebumen adalah salah satu pantai berpanorama menawan di kawasan pesisir Kabupaten Kebumen yang sejak beberapa tahun terakhir ini mulai dirambah wisatawan.

Keindahan bentangan alamnya merupakan perpaduan perairan Samudera Indonesia dengan pantainya yang bersih, hamparan padang rumput di tepi pantai, Laguna Kali Buntu, rimbunnya tanaman bakau, gumuk pasir yang ditumbuhi aneka tanaman khas daerah pantai dan aktifitas nelayan. 

Pantai Tegalretno sedikit berbeda dengan pantai didekatnya yang memiliki pasir pantai hitam pekat, Pantai Tegalretno memiliki pasir pantai hitam kecoklatan yang lebih bersih dan landai. Suara deru ombak pantai selatan yang berlomba menjadi sajian sama layaknya pantai lain yang ada di Kebumen. Sementara pohon cemara meneduh dibatas utara bibir pantai ini. 

Selain menawarkan pemandangan laut pantai selatan, di objek wisata yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Pantai Petanahan itu pengunjung bisa mengelilingi Kali Buntu dengan menggunakan perahu milik nelayan yang khusus untuk mengangkut para wisatawan. 

Gundukan gumuk pasir menempatkan wisatawan untuk melihat ''rawa-rawa'' dalam jangkauan luas yang ditumbuhi bakau serta rerumputan hijau. Pemandang lebih indah jika senja mulai menyapa. Matahari yang hendak terbenam menjadi pemandangan indah berpadu perahu perahu nelayan serta pemancing yang mencari rejeki dari kekayaan laut selatan. 

Bagi warga kecamatan Petanahan, Pantai Tegalretno menjadi lokasi ritual larung sesaji ke laut kidul. Ritual tersebut sebagai puncak tradisi sedekah laut yang biasa digelar nelayan setahun sekali tepatnya bulan Suro pada penanggalan Jawa. (LintasKebumen/WisataKabupatenKebumen)

0 comments:

Post a Comment