Tuesday, March 3, 2015

Golak



Golak & Gembus (Enggeng) adalah jajanan khas, Kebumen, jajanan ini dijual bisa di jumpai di jalan lintas lingkar selatan setiap sore jam 16.00 hingga malam hari, yang tempat di perempatankedungwinangun jalur utama tanggul angin kebumen tepatnya lampu kuning setelah perempatan soka baru atau pom bensing podoluhur ke arah barat sekitar kurang lebih 3 kilo meter.

Perbedaan antara Golak & Gembus adalah berdasarkan bentuknya. Golak dibentuk seperti angka delapan “depan (8)” besar-besar (lebih besar dari lanting), sedangkan Gembus dibentuk huruf nol “Bulat ( 0)”. Kedua-duanya digoreng dengan minyak kelapa, dan enak dimakan sewaktu jajanan tersebut masih fresh dan hangat.

Bahan utama untuk membuat Golak & Gembus adalah ketela pohon / singkong. Untuk itu perlu dipilih singkong yang bagus dan tidak mengandung racun, karena ada beberapa jenis singkong yang mengandung racun. Singkong dikuliti dan direndah terlebih dahulu untuk membuang racun atau zat yang tidak diinginkan, dan dijemur. Kemudian singkong diparut kasar, kemudian dicampur sedikit air, ditambah bumbu, dan diaduk-aduk kental seperti lempung. Selanjutnya dibentuk menjadi Golak & Gembus dan digoreng dengan minyak kelapa

0 comments:

Post a Comment