Monday, March 2, 2015

Curug Silancur


Kabupaten Kebumen memang identik dengan pantai selatan, sebut saja Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, Pantai Ayah, maupun Pantai Menganti. Tapi ternyata, Kebumen juga memiliki air terjun indah yang bernama Curug Silancur.
Curug Silancur berada di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Masuk dalam wilayah Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung, membuat Curug Silancur tak terekspos khalayak umum dan orang luar.
Berada di antara perbukitan di kaki Pegunungan Serayu Selatan, Curug Silancur berjarak 25 Km ke arah timur laut dari Kota Kebumen. Curug Silancur yang berada di ketinggian 220 mdpl ini memiliki kesan yang luar biasa. Suasana hening, hanya suara air jatuh yang akan menemani para pengunjung.
Curug Silancur memiliki ketinggian lebih dari 20 meter, mengucurkan air deras ke bawahnya. Tak seperti curug pada umumnya, Curug Silancur tidak memilik 'bak' penampungan air dibawahnya. 
Air yang meluncur akan jatuh menghantam batuan besar menghasilkan percikan air yang segar. Rimbunnya pepohonan dan suara burung yang bernyayi menambah betah berlama-lama di tempat ini.
Rute menuju Curug Silancur cukup mudah, dari Kota Kebumen bisa mengambil arah ke Pemandian Air Panas Krakal, kemudian dilanjutkan ke arah utara melewati Pasar Krakal dan Pasar Wadasmalang, mengikuti jalan raya. 
Suara curug akan terdengar dari jalan raya, sehingga pencarian akan semakin mudah. Curug Silancur berada di jurang, sehingga pengunjung harus berjalan melalui jalan setapak yang cukup terjal. Pemandangan alam menuju lokasi juga sangat mengesankan.
Pengunjung akan dimanjakan oleh lahan terasering persawahan warga layaknya'Ubud di Bali, dan hutan pinus milik Perhutani yang rimbun. Tak ada tiket masuk maupun fasilitas lainnya, karena Pemkab kebumen urung minat mengurusnya.
Bagi kalian pemburu tempat indah, bersih, alami, dan sunyi, pastikan berkunjung ke Curug Silancur. Sebelum ke sana, pastikan memiliki pemandu dari warga lokal agar perjalanan kalian lebih nyaman dan mengasyikan. Ayo jelajahi negeri sendiri, dan jangan buang sampah sembarangan!

0 comments:

Post a Comment