Tuesday, December 22, 2015

Pesona Matahari Terbit Bukit PI Karangsambung

pi

KARANGSAMBUNG – Nama Bukit PI dalam beberapa bulan terakhir ini ramai diperbincangkan warga Kebumen terutama anak muda melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram hingga Path.

Bukan tanpa alasan, bukit yang berada di Dusun Dakah Desa Karangsambung Kecamatan Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen ini selain diketahui memiliki hutan pinus yang rapat juga memiliki pemandangan matahari terbit atau sunrise yang indah.

Bukit PI yang merupakan kependekan dari Pentulu Indah itu memang kini menjadi salah satu tempat bagi para anak anak muda maupun komunitas serta pecinta fotografi yang ingin menyaksikan keindahan pagi hari di Kebumen bagian utara. Mereka rela menginap dan camping agar mendapatkan waktu terbaik melihat terbitnya fajar.

Mereka biasanya akan mendirikan tenda diantara pohon-pohon pinus perhutani yang rapi berjajar mengayomi bukit. Menjelang pagi lensa kamera tak bosannya diarahkan ke segala penjuru untuk mengabadikan keindahan alam yang berada di kawasan Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung itu.
”Pemandangannya tak kalah dari Pranji. Biasanya kan harus naik ke Pranji tapi karna penasaran jadi ya kesini,” kata Arif (21) salah satu pengunjung yang juga mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kota Yogyakarta itu.

Meski hanya berketinggian tak lebih dari 300 meter diatas permukaan air laut namun pemandangan yang disajikan tak mengecewakan. Kabut-kabut tebal akan terlihat menaungi segenap lembah Sungai Luk Ulo.
Sedangkan diarah timur laut nampak Gunung Sindoro dan Sumbing tinggi menjulang dan berjajar. Serta perbukitan Kompleks Melange Seboro tak kalah memikatnya berbaur dengan kabut pagi. Bukit PI berjarak 21 Km ke arah utara kota Kebumen atau berkendara sekira 35 menit.

Lokasinya tak jauh dari Kampus LIPI Karangsambung. Untuk menuju puncaknya pun tak harus bersusah payah karena medan yang dilalui tergolong mudah serta dekat dengan perkampungan warga sekitar. Sebagai himbauan, pastikan kedatangan pengunjung untuk diketahui oleh warga setempat. Selain itu dilarang merusak hutan serta meninggalkan sampah. Selamat berlibur! (Rini/ BS /LintasKebumen©2015)

Sumber : https://lintaskebumen.wordpress.com/2015/09/25/pesona-matahari-terbit-bukit-pi-karangsambung/
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

3 comments:

  1. Bagus banget pemandangannya , Btw kalau kesana tiket masuknya berapa ya?

    ReplyDelete
  2. Untuk jalanan ke lokasi gimana ya?

    ReplyDelete
  3. Untuk jalanan ke lokasi gimana ya?

    ReplyDelete